Kategori
Crypto

Cara Melakukan Transaksi Bitcoin

Bitcoin adalah mata uang digital terdesentralisasi pertama. Koin digital yang dapat dikirim melalui Internet. Menggunakan kriptografi kuat untuk mengamankan transaksi. Sehingga dinamakan cryptocurrency atau mata uang kripto.

Dibanding alternatif mata uang digital lain, bitcoin mempunyai beberapa keuntungan. Bitcoin ditransfer antar pengguna secara langsung melalui jaringan, tanpa bank atau perantara lainnya. Artinya biaya transaksi lebih rendah dan dapat digunakan di setiap negara. Selain itu rekening tidak dapat dibekukan, tidak ada persyaratan khusus atau batasan tertentu.

Dompet

Mengirim bitcoin semudah mengirim email. Transaksi bitcoin membutuhkan dompet/wallet. Di dalamnya terdapat alamat untuk mengirim dan menerima bitcoin. Di sini lah dana bitcoin disimpan dan sejumlah transaksi dilakukan.

Dompet Cryptocurrency Atomic. Memiliki antarmuka yang mudah digunakan, bisa digunakan di komputer maupun ponsel, mendukung berbagai mata uang lokal termasuk Rupiah dan mendukung banyak aset digital kripto lainnya. Dapat diunduh melalui https://atomicwallet.io/

Alamat Bitcoin

Ada tiga fondasi dasar dalam dompet bitcoin. Alamat, saldo yang dikaitkan dengan alamat tersebut, dan kunci publik dan pribadi (public and private keys) yang sesuai dengan alamat itu.

Kunci publik dihasilkan oleh dompet yang digunakan sebagai tujuan pembayaran bitcoin. Diidentifikasikan 26-35 karakter alfanumerik, dimulai dengan angka 1, 3 atau bc1. Contoh alamat bitcoin seperti 1BvBMSEYstWetqTFn5Au4m4GFg7xJaNVN2.

Sedangkan kunci pribadi dirahasiakan dan digunakan untuk otentikasi dan enkripsi. Kunci pribadi inilah yang memberikan kepemilikan penuh atas dana bitcoin pada alamat yang diberikan.

Kunci publik dan pribadi (public and private keys) dan 12-kata frase backup pada Atomic Wallet

Setiap dompet umumnya menyediakan fitur frase backup/recovery (dikenal juga seed phrase atau mnemonic phrase), terdiri dari 12-24 kata yang digunakan untuk membantu memulihkan dana seandainya komputer atau ponsel rusak atau apa pun yang terjadi dengan dompet yang telah diinstal. Simpan serahasia mungkin semua kunci pribadi dan frase backup/recovery tersebut, karena ketika itu diketahui maka dana pada dompet tersebut bisa diambil oleh orang lain.

Biaya Transaksi

Semua transaksi bitcoin disimpan dalam buku besar publik yang dinamakan blockchain. Setiap kali transaksi dikirim, transaksi tersebut disebarkan langsung ke jaringan dan diverifikasi oleh para miner. Biaya transaksi ini lah yang dijadikan sebagai imbalan atas pekerjaaan miner melakukan konfirmasi transaksi individu dan memasukkannya dalam blok transaksi berikutnya dalam rantai (chain).

Fitur mengatur biaya transaksi di Atomic Wallet. Besar/kecil biaya transaksi bitcoin tergantung dari kepadatan jaringan. Cepat/lambat waktu konfirmasi transaksi bitcoin tergantung besar/kecil biaya jaringan yang disertakan pada transaksi.

Semua transaksi bitcoin dilakukan secara transparan dan dapat dilihat melalui explorer. Salah satu explorer bitcoin dapat diakses melalui https://www.blockchain.com/explorer